Kuatkan dan Teguhkanlah Hatimu

KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU

YOSUA 10 : 12 – 14

Bangun Manurung crop [50%]

Pdt. Ir. Bangun S Manurung, M.Plan

 

Shalom salam damai sejahtera bagi kita semua. Hari ini Firman Tuhan berbicara tentang Yosua. Kita semua tahu bahwa Yosua adalah pemimpin umat Israel yang menyebrangi sungai Yordan kalau kita membaca sejarah Alkitab sesungguhnya Musa yang menuntun umat Israel untuk masuk ke tanah perjanjian, sesunguhnya musa lah yang Tuhan tetapkan. Ini harus kita mengerti bahwa apa yang Tuhan tetapkan tidak ada yang gagal tetapi sering manusianya yang membuat rencana itu gagal. Contoh Musa waktu di suruh dia tidak taat ini yang membuat Tuhan marah dan tidak mengijinkan Musa masuk di tanah perjanjian. Musa disuruh berbicara kepada batu tetapi malah dia memukul batu. Saudara-saudara ini berbicara ketaatan kepada Tuhan, saudaraku kita harus tahu bahwa ketaatan kita terhadap Tuhan tidak ada toleransinya, kesetiaan kita kepada Tuhan tidak dapat di geser dengan apapun. Yosua dipilih oleh Tuhan salah satu dari dua setelah Kaleb. Dari jutaan orang yang memerima janji dan melihat mujizat yang luar biasa dari Tuhan hanya dua orang saja yang menerima janji itu. Saudaraku Yosua banyak melewati tantangan dan masalah dan persoalan, Yosua adalah orang yang terlatih di padang gurun, dia taat dan setia kepada Tuhan sehingga ia dapat memerintah matahari dan bulan berhenti bergerak saat dia berperang. Umat Tuhan yang sedang mengiring Tuhan dan yang sedang berjalan di berbagai ketidak pastian di dunia ini belum ada orang seperti Yosua yang dapat memerintah matahari dan bulan untuk berhenti.

Mari kita baca Yosua 1 : 1–3 disini mengatakan bahwa sesungguhnya Allah berjanji pada Musa tetapi gagal dan Yosua 1 : 4–9 ada 3 janji besar yang Tuhan berikan kepada Yosua yaitu yang pertama Negeri Kanaan di serahkan bangsa Israel. kedua, setiap tanah yang di injak Yosua menjadi miliknya. Ketiga, tidak ada musuh yang tahan menghadapi Yosua. Itulah janji besar Yosua dan sejarah Israel. Yosua menjadi pribadi yang kuat, teguh karena alam, keadaan menerpa dia sehingga membentuk karakternya menjadi pribadi seperti yang Allah inginkan. Dari jutaan orang Israel yang dididik Allah melalui kepemimpinan Musa selama 40 tahun, mereka dididik dengan ajaran yang sama, dengan fasilitas yang sama, bahkan dengan guru yang sama tetapi hanya sisa 2 orang saja yang lulus dari jutaan orang. Yosua muncul sebagai seorang pemimpin. Saudaraku ini penting dalam perjalanan Iman kita karena kita tahu bahwa kita juga di ajar oleh Firman yang sama dan berasal dari Tuhan yang sama, tetapi apakah kita akan sampai pada tanah perjanjian? atau tujuan yang kita idam-idamkan? Mari saudara kita belajar dari perjalanan Yosua. Supaya kita tahu bahwa Yosua berhasil dan apa yang di rancangkan Allah baginya terjadi. Alkitab memcatat bahwa rancangan Allah adalah rancangan damai sejahterah dan bukan rancangan kecelakaan. Saudaraku Tuhan menyampaikan pesan yang sama bagi kita sudah begitu lama dan telah jauh kita berjalan bersama Tuhan hari-hari ini.

Saudaraku ketika Allah berjanji kepada Yosua ada beberapa syarat yang harus dia kerjakan yaitu:

  1. Kuatkan dan teguhkan hatimu di ayat ke 6 artinya supaya Yosua tidak takut. Perkataan ini di tulis 3 kali di ayat 6,7, dan 9 bahwa Yosua harus kuat menghadapi sikap keras dan tegar tengkuk orang Israel supaya Yosua jangan gagal seperti Musa.
  2. Bertindaklah hati-hati sesuai dengan hukum artinya Yosua taat dengan hukum/firman.
  3. Jangan menyimpang kekanan dan kekiri, Artinya jangan menyimpang arah dari Tuhan, selalu taat kepada Tuhan.
  4. Renungkan Firman siang dan malam .

Saudara, Tuhan mau mendidik kita seperti Yosua menjadi orang yang tangguh dan kuat. Supaya kita tahu bahwa yang menjamin kita sampai kepada tanah perjanjian adalah KETAATAN kita kepada Tuhan. bukan hanya mendengar dan melihat mujizat tetapi KETAATANLAH yang akan membawa kita ketempat dimana Tuhan mau yaitu padang gurun pengungsian. Haleluyaaah amiiin..

*** TUHAN YESUS MEMBERKATI ***

Post a comment

Book your tickets