Menggapai Janji Allah di Tahun Baru 2016

MENGGAPAI JANJI ALLAH DI TAHUN BARU 2016

Kolose 1 : 15-23

Bangun Manurung crop [50%]

Pdt. Ir. Bangun S Manurung, M.Plan

Salam sejahtera untuk kita semua, dan Selamat Tahun Baru 2016 untuk Jemaat Tuhan. Tahun baru ini merupakan Tahun yang luar biasa bagi kita semua. Ada sesuatu yang akan kita kerjakan di hadapan Allah seturut Firman-Nya supaya Allah melakukan Karya-Nya dan menggenapi Rancangan-Nya didalam kehidupan kita.

Bapak Ibu janji Tuhan itu Ya dan Amin. Disatu sisi Janjinya dan waktunya Tuhan akan menentukan Janjinya itu akan kita terima atau tidak, disisi yang lain ada sikap kitalah yang membuat janji itu segera kita terima atau ditunda atau bahkan mungkin kita menolak janji itu. Allah memberikan janjinya melalui Firman, Allah tidak pernah berbohong, Allah tidak pernah salah, Allah itu setia. Ada hal yang harus kita kerjakan / penuhi agar segala kegenapan janji Allah menjadi bagian kita. Hal ini penting supaya kita tidak melihat sisi ke kristenan kita dari satu arah, bahwa kita mengharapkan segala sesuatu Allah lakukan di dalam kehidupan kita atas permohonan kita, doa-doa yang kita sampaikan, tapi disisi lain sebagai umat Tuhan kita lalai mengerjakan bagian kita di dalam Tuhan. Itulah yang membuat janji Tuhan belum digenapi, mungkin ada sesuatu yang harus kita kerjakan di Tahun ini.

Tuhan mengenapi apa yang telah Ia rancangkan untuk kita terutama jika kita hidup mengimaninya dan mengerjakan dalam kehidupan kita. Sebagai umat Tuhan kita harus bisa memposisikan diri kita pada tempat yang seharusnya. Dihadapan Tuhan kita semua sama, tetapi rancangannya bagi kita berbeda-beda. Tetapi dibalik itu, semua rancangan-Nya adalah rancangan kekekalan, rancangan untuk membawa hormat pujian bagi Dia. Adapun pesan Tuhan untuk Jemaat Tuhan di awal Tahun 2016 ini yang terambil di dalam Kolose ini adalah :

1. Menaruhkan Pengharapan dalam Tuhan (Ayat 16-17)
Ayat 16 : karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ayat 17 : Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
Artinya Tuhanlah yang memiliki semua rancangan di Sorga dan di Bumi, pastikan apa yang kita kerjakan didasarkan oleh Tuhan, dan Tuhanlah yang menentukan segala sesuatu bagi kita.

2. Melakukan Pendamaian dengan Allah (Ayat 20-22)
Ayat 20 : dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Ayat 21 : Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, Ayat 22 : sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Artinya mau menanggalkan segala apa yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, diawali dengan pendamaian dengan sesama kita, keluarga, dan orang lain sekitarnya supaya apa yang kita kerjakan diawal Tahun ini menjadi indah di mata Tuhan.

3. Bertekun dalam Iman (Ayat 23)
Ayat 23 : Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

Umat Tuhan, yang penting untuk kita kerjakan supaya apapun kondisi yang datang, situasi apapun yang terjadi kita sudah siap, tidak tergoncangkan, tak bercacat dihadapan Tuhan sambil menantikan pengharapan dari Yesus Tuhan. Tuhan merancangkan sesuatu yang indah buat dunia ini melalui anak-anak pilihannya yang mengerjakan Firman-Nya dan tetap fokus mempersiapkan diri. Amin..Tuhan Yesus Memberkati.

Post a comment

Book your tickets