Pengharapan

images

Ayat Bacaan: Bilangan 32:1-42

Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir

Ibrani 6:19

Dalam menjalani hidup tentunya tidak pernah lepas untuk berharap, baik untuk saat ini dan di masa yang akan datang. Ibrani 6:19 mengatakan pengharapan itu bagaikan sauh yang kuat ….”Namun salah satu sifat dari manusia adalah tidak sabar dalam menunggu dan selalu menginginkan sesuatu yang instan. Padahal ada hal-hal tertentu yang membutuhkan kesabaran seperti ketika kita memiliki pengharapan, dimana perlu diingat terkadang apa yang diinginkan tidak bisa terwujud dalam waktu cepat. Salah satu sumber pengharapan dalam hidup kita adalah Yesus karena di dalam Dia tidak pernah mengecewakan, dan Dia juga dapat melakukan segala perkara.

Oleh karenanya letakanlah segala pengharapan kita hanya pada Yesus. Dalam hidup ini kita perlu memiliki keyakinan bahwa janjiNya suatu saat dapat digenapi dalam diri kita, jangan pernah ragu karena Yesus bisa mewujudkan pengharapan kita menjadi kenyataan. Untuk menanti setiap pengharapan kita perlu bersabar dalam menunggu waktu Tuhan dan tidak mengeluh ketika belum terjadi, sebab kesabaran merupakan salah satu kunci untuk kita menerima penggenapan janjiNya. Roma 12 :12 mengatakan agar kita bersukacita dalam pengharapan bahkan sabar dalam kesesakan dan bertekun di dalam doa. Jadi kita harus tetap bersyukur dan bersukacita di dalam Tuhan, sekalipun kita menemukan sebuah kegagalan, tantangan atau bahkan mengalami sebuah proses. Selain itu kita perlu memiliki semangat dan tetap optimis dengan harapan kita, sebab bagi Tuhan tidak ada yang mustahil . Kita tidak boleh putus pengharapan sebab Yesus berkuasa atas segalanya. Milikilah keyakinan bahwa Tuhan selalu punya rencana yang baik lebih dari yang kita pikirkan. Seperti dalam 1 Korintus 2:9 mengatakan bahwa “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”. Jadi dalam setiap keinginan dan pengharapan kita harus bersabar.

images (1)

Untuk memiliki kesabaran dalam pengharapan tetaplah berdoa, karena doa akan memberikan kekuatan juga memberikan kita ketenangan. Walau mungkin hari ini pengharapan kita belum terwujud bersabarlah bahwa pada suatu saat Tuhan akan menyatakan yang terbaik bagi kita. Ia akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya Tetaplah kuat dan bersabar di dalam Tuhan. Amin

Post a comment

Book your tickets